body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Pembagian Fi'il Mudhori' Yang 14 Bentuk, Dalam Tasyrif Lughowi

RamahNUsantara , - Tashrif lughawiy (تصريف لغوي), artinya: perubahan yang menunjukkan kepada kata-kata yang sama-sama disebut fiil mudh...


RamahNUsantara, - Tashrif lughawiy
(تصريف لغوي), artinya: perubahan yang menunjukkan kepada kata-kata yang sama-sama disebut fiil mudhari'.

Kenapa Saya artikan  demikian?


Karena yang akan saya bahas disini adalah fiil mudhari' (فعل مضارع), bukan fiil amr (فعل أمر) juga bukan fiil madhi (فعل ماضي).

Fiil mudhari' adalah kata kerja yang menunjukkan masa sekarang atau masa yang akan datang, fiil amr adalah kata kerja yang menunjukkan perintah, sedangkan fiil madhi adalah kata kerja yang menunjukkan masa lampau.

Fiil mudhari (فعل مضارع) yang jumlahnya ada 14 bentuk dalam tashrif lughawiy ini jika dilihat dari kebaradaan huruf akhirnya, maka terbagi kepada dua bagian: mabni dan mu'rab.

1) Mabniy (Tetap)
Fi'il mudhari' (فعل مضارع) yang huruf akhirnya tidak berubah ini disebut mabniy (مبني)، artinya: tetap. Fiil mudhari' tersebut hanya ada dua, yakni: fiil mudhari' yang ditutup oleh nun niswah (نون النسوة), artinya: nun yang menunjukkan kepada perempuan.

Fiil mudhari' yang ada nun niswahnya itu ada dua macam:

 a) Fiil Mudhari' yang diawali oleh huruf ta' (ت) mudhari. Contoh: (تفعلن), dibaca /taf'ulna/, artinya: kalian (perempuan) sedang bekerja.

b) fiil mudhari yang diawali oleh huruf ya' (ي) mudhari'. Contoh: (يفعلن), dibaca /yaf'ulna/, artinya: mereka (perempuan) sedang bekerja.

2) Mu'rab (Berubah)
Ada juga fiil mudhari yang huruf akhirnya itu bisa berubah. Nah fiil mudhari' yang huruf akhirnya bisa berubah itulah yang disebut fiil mudhari' mu'rab (فعل مضارع معرب), artinya: fiil mudhari yang huruf akhirnya bisa berubah.

Perubahan huruf akhir pada fiil mudhari' itu, ada dua kelompok, yakni kelompok fiil empat yang saya istilahkan dengan (أفعال أربعة) dan kelompok fiil lima yang diistilahkan oleh para ulama nahwu dengan (أفعال خمسة).

Berikut pembahasan dua kelompok fiil mudhari' tersebut sbb:

a) Kelompok Fiil-4 
(أفعال أربعة)

Kelompok fiil- 4 yang Saya istilahkan dengan (أفعال أربعة) ini adalah semua fiil mudhari' yang i'rab-nya dengan
syakal.

Apa itu i'rab (اعراب)? I'rab adalah, perubahan akhir kata dalam kalimat.

Jika fiil mudhari' itu i'rabnya dengan syakal, baik harkat maupun sukun, maka itulah fiil mudhari yang Saya kategorikan sebagai fiil-4 atau (أفعال أربعة), yakni fiil mudhari' yang kelompoknya hanya ada empat.

Fiil mudhari' yang disebut (افعال اربعة) ini adalah semua fiil mudhari' yang awal katanya itu diawali oleh hamzah (أ)  yang mengandung makna: Saya, nun (ن)yang mengandung makna: kita/kami, ya' (ي) yang mengandung makna: dia (laki), atau ta' (ت) yang mengandung makna:kamu (laki, seorang) atau dia (seorang perenpyan).

 Khusus fiil mudhari' yang diawali dengan huruf mudhari ya' (ي) atau ta' (ت) ini  syaratnya belum ada tambahan satu huruf atau dua huruf, seperti fiil mudhari yang di awali oleh huruf mudhari' hamzah (أ) atau nun (ن).

Contoh kelompok fiil-4 atau (افعال اربعة) adalah sbb:

(1) Fiil mudhari' yang diawali oleh huruf hanzah (أ), seperti (أفعل) bacanya (Af'ulu), artinya: aku sedang bekerja.

 (2) Fiil mudhari yang diawali oleh huruf nun (ن), seperti (نفعل)، bacanya /naf'ulu/ artinya: kami/ kita sedang bekerja.

(3) Fiil mudhari yang diawali oleh ya' mudhari' (ي), seperti (يفعل) dibaca /yaf'ulu/, artinya: dia (laki) sedang bekerja,

(4) Fiil mudhari yang diawali oleh (ت), seperti (تفعل), artinya: kamu (laki) sedang bekerja atau dia (perempuan) sedang bekerja.

 b) Kelompok Fiil-5
(افعال خمسة)
Kelompok fiil-5, oleh para ulama nahwu, diistilahkan dengan (أفعال خمسة). Kelompok fiil-5 ini adalah semua fiil mudhari' yang huruf akhirnya ada tambahan huruf mad dan huruf nun.

I'rab untuk kelompok fiil-5 ini bukan dengan syakal tapi di antaranya dengan (ثبوت النون), yakni dengan adanya ( ن).

Fiil mudhari' yang disebut (أفعال خمسة) ini adalah semua fiil mudhari' yang awal katanya itu hanya diawali oleh huruf mudhari ya' (ي) dan ta' (ت) dengan tambahan ya' nu (ين) wawu dan nun (ون) atau alif dan nun (ان) diakhir katanya.

Contoh kelompok fiil-5 atau (افعال خمسة) ini ada lima bentuk fiilnya, yakni sbb:

(1) Fiil mudhari yang di awali oleh huruf mudhari' ya' (ي), dengan tambahan alif dan nun (ان) di akhirnya, seperti yang ada pada kata (يفعلان), artinya: dia (berdua laki) sedang bekerja.

(2) Fiil mudhari yang diawali oleh huruf mudhari' ta' (ت), dengan tambahan alif dan nun (ان) di akhirnya, seperti yang ada pada kata (تفعلان), artinya: kamu (berdua laki) sedang bekerja atau dia (berdua perempuan) sedang bekerja.

(3) Fiil mudhari' yang diawali oleh huruf mudhari ta' (ت), dengan tambahan ya' dan nun (ين) di akhirnya, seperti yang ada pada kata (تفعلين), artinya: kamu (perempuan seorang) sedang bekerja.

(4) Fiil mudhari' yang diawali oleh huruf  mudhari' ta' (ت), dengan tambahan wawu dan nun (ون) di akhirnya, seperti yang ada pada kata (تفعلون), artinya: kalian (semua laki) sedang bekerja.

(5) Fiil mudhari' yang diawali oleh huruf mudhari' ya (ي), dengan tambahan wawu dan nun (ون), seperti yang ada pada kata (يفعلون), artinya: mereka (laki) sedang bekerja.

Penulis:
Drs.Nur Ali Al-Fatawiy
Rois Syuriah MWC NU Cipayung


Nama

#LTN NUJaktim,1,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,60,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,13,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,6,Hikmah,46,HUMOR,7,ISLAM,10,KHUTBAH,10,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,41,Pendidikan,56,PSIKOLOGI AGAMA,20,RENUNGAN,28,SEJARAH,48,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,2,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,7,USHUL FIQH,4,WARTA,7,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,27,WARTA NASIONAL,198,Warta NU,51,WARTA POLITIK,21,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Pembagian Fi'il Mudhori' Yang 14 Bentuk, Dalam Tasyrif Lughowi
Pembagian Fi'il Mudhori' Yang 14 Bentuk, Dalam Tasyrif Lughowi
https://1.bp.blogspot.com/-3SuujO7r0Lo/WcduxjjVoZI/AAAAAAAAFDk/blxxkahAmfsJoCIaau7pc12rACB_6HTGACLcBGAs/s320/Screenshot_2017-09-24-15-36-43_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3SuujO7r0Lo/WcduxjjVoZI/AAAAAAAAFDk/blxxkahAmfsJoCIaau7pc12rACB_6HTGACLcBGAs/s72-c/Screenshot_2017-09-24-15-36-43_1.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2017/09/pembagian-fiil-mudhori-yang-14-bentuk.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2017/09/pembagian-fiil-mudhori-yang-14-bentuk.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----