body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Manfaat llmu Tajwid, Membaca Al Quran Dengan Tartil

Foto: Google Play RamahNUsantara, Jakarta - Manfaat llmu Tajwid atau (فائدته)  Termasuk Salah Satu Mabadi llmi Tajwid Oleh: Drs.N...

Foto: Google Play


RamahNUsantara, Jakarta - Manfaat llmu Tajwid atau (فائدته)  Termasuk Salah Satu Mabadi llmi Tajwid

Oleh:
Drs.Nur Ali Al-Fatawiy

Mabadi llmi Tajwid adalah pendahuluan  llmu Tajwid. Jadi, sebelum kita membahas isi llmu Tajwid, perlu adanya pendahuluan lebih dahulu, agar saat membaca Al-Qur'an, bisa berjalan dengan lancar.

Perbandingan, Kalau kita ingin melaksanalan hal-hal yang bersifat fisik, seperti senam, main silat, olah raga atau lainnya, perlu adanya pemanasan lebih dahulu agar saat pelaksanaan inti fisiknya, nanti tidak menimbulkan masalah-masalah yang merugikan diri sendiri. Demikian pula llmu Tajwid perlu adanya pendahuluan agar saat membaca Al-Qur'an, kita tidak terkena laknat akibatnya itu.

Banyak orang baca Al-Qur'an namun bukan menjadikan ibadah baginya tapi justru menjadikan kerugian bagi si pembacanya itu sendiri. Bagaimana caranya, salah baca tapi tidak berdosa? Bacalah Al-Qur'an tanpa harus terdengar oleh orang lain atau dalam hal shalat berjamaah misalnya, cukuplah jadi makmum, jangan paksakan diri jadi lmam.

Itulah perlunya dibahas mabadi itu di sini. Mabadi yang dibahas pada kesempatan ini adalah (فائدته), artinya: manfaatnya, yakni manfaat perlunya ilmu tajwid atau istilah  lainnya adalah jika bicara manfaat (فائدته) adalah sama dengan bicara tentang hasil dari mempelajari ilmu tajwid atau istilah Arabnya adalah (ثمرته), yakni: hasilnya.

Bisa dikatakan bahwa yang dimaksud (فائدته) sebenarnya adalah (ثمرته). Mari kita lihat apa manfaat atau hasil dari  mempelajari ilmu tajwid ini? Inilah jawabannya:

الثمرة (هي) الفائدة و فائدته صون اللسان عن الخطاء فيماأنزل الله من القرأن والفوز بسعادةالدارين

Artinya: Hasil maksudnya adalah manfaat (dari belajar ilmu tajwid), yakni: menjaga lidah dari kesalahan  (mengucapkan) isi Al-Quran yang telah diturunkan oleh Allah SWT agar (kita) mendapat keberuntungan atau kebahagiaan di  dunia maupun akhirat.

Kalau ada orang membaca Al-Qur'an salah, yakni tanpa menghiraukan ilmu tajwid, maka orang itu berdosa. Berikut pandangan ulama sebagai berikut.

من لم يجود القرأن فهو آثم

Artinya: Barang siapa membaca Al- Qur'an tanpa (menghiraukan) ilmu tajwid, maka orang tersebut berdosa.

Contoh kesalahan membaca fathah dibaca dhummah terhadap salah satu huruf pada ayat di bawah ini: 

انما يخشى الله من عباده العلماء

Lafazh (الله) di situ huruf (ه)-nya bacanya wajib  fathah. Jika kita membacanya dhummah, maka otomatis Allah SWT marah kepada kita sebagai pembacanya.

Kenapa demikian?  Coba sja, jika dibaca fathah huruf (ه)-nya, itulah yang sesuai dengan makna yang  diinginkan Allah  dan itu telah diwahyukan lafal dan maknanya itu kepada Rasulullah. Jadi, arti (ه) yang dibaca fathah, yakni: Hanya ulama yang takut kepada Allah.

Namun jika (ه)-nya itu dibaca dhumah, maka maksud dari arti ayat tersebut bisa berbeda jauh sekali. Jika kita paksakan membacanya dengan dhummah, maka artinya sudah melenceng dari makna seharusnya. Bagaimana makna yang melencengnya itu? Melencengnya adalah  terjemahannya jadi berubah menjadi seperti ini: Allah hanya takut kepad ulama.

Akibat salah membaca harkat ternyata bisa ada yang berubah maksud, apa lagi jika kita membaca hurufnya yang salah. Pembahasan seperti itu, hanya sekedar, agar kita bisa memahami kenapa baca Al-Qur'an kok bisa terlaknat.

Berdasarkan pemaparan itu, wajarlah kalau ada ulama yang mengatakan berdosa baca Al-Qur'an tanpa menghiraukan ilmu tajwid.

Inilah perlunya mabadi ilmu tajwid yang berhubungan dengan manfaat mempelajari ilmu tajwid.

Kalau kita sudah tahu manfaat mempelajari ilmu tajwid ini, mudah-mudahan untuk mempelajarinya, kita semakin sabar, agar ketika kita membaca Al-Qur'an tanpa adanya kesalahan dalam pembacaannya.

Dengan kata lain, insya Allah, lidah kita akan terjaga dari kesalahan penyebutan huruf-huruf  Al-Qur'an.

Bicara tentang terjaganya lisan dari salah ucap, seperti huruf (ق) pada kata (قلب) kalau mau dikatakan terjaga, harus dibaca (Q), yakni: "Qalbu", artinya: hati.

Namun, jika kata (قلب) dibaca (K), yakni: "Kalbu", maka maknanya bisa berubah menjadi: "anjing", yakni: binatang yang jika kita terkena basahannya, harus dicuci dengan 7 x air dan salah satunya harus dicampur dengan debu. Itulah, makanya perlunya ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur'an atau perlunya pendahuluan sebelum membahas isi ilmu tajwidnya.

----------------------------
Penulis:
Rois Syuriyah MWC NU Cipayung Jakarta Timur.


Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,48,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,31,WARTA NASIONAL,228,Warta NU,65,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Manfaat llmu Tajwid, Membaca Al Quran Dengan Tartil
Manfaat llmu Tajwid, Membaca Al Quran Dengan Tartil
https://3.bp.blogspot.com/-K3JAgQktjSg/WfZ_Cc236UI/AAAAAAAAFwk/OT-1xneVNAUHyDmGqurQ1iA39govs7BAQCLcBGAs/s320/images%2B%25283%2529_1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-K3JAgQktjSg/WfZ_Cc236UI/AAAAAAAAFwk/OT-1xneVNAUHyDmGqurQ1iA39govs7BAQCLcBGAs/s72-c/images%2B%25283%2529_1.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2017/10/manfaat-llmu-tajwid-membaca-al-quran.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2017/10/manfaat-llmu-tajwid-membaca-al-quran.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----