body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Sumpah Pemuda Berlaku Sepanjang Zaman, Wajib Diaplikasikan dalam Berbangsa dan Bernegara

Foto: RamahNUsantara RamahNUsantara, Jakarta - Sumpah Pemuda Berlaku Sepanjang Zaman dan Wajib diaplikasikan dalam  Berbangsa dan Bern...

Foto: RamahNUsantara
RamahNUsantara, Jakarta - Sumpah Pemuda Berlaku Sepanjang Zaman dan Wajib diaplikasikan dalam  Berbangsa dan Bernegara

Oleh:
Drs.Nur Ali Al-Fatawiy

I) Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah terbentuknya lndonesia itu diawali dengan siaga atau persiapan munculnya lndonesia, yakni sejak terbentuknya organisasi Budi Utomo yang kemudian menjadi Hari Kebangkitan Nasional 1908, yang diabadikan menjadi istilah Siaga bagi Pramuka tingkatan pertama.

Dua puluh tahun berikutnya, adanya peristiwa sumpah pemuda  28 Oktober 1928 ini ditandai dalam pramuka sebagai sejarah masa penggalangan kesatuan dan persatuan untuk pembentukan suatu negara berdaulat, maka timbullah istilah Penggalang bagi pramuka tingkatan kedua dan saat proklamasi kemerdekaan lndonesia 1945, maka ditandai oleh pramuka sebagai sejarah masa penegakkan lndonesia menjadi sebuah Negara berdaulat. Kemudian  diabadikan istilah itu menjadi nama  Penegak bagi pramuka tingkatan ketiga.

Il. Sumpah Pemuda Merupakan Tekad Bulat Para Pemuda lndonesia

Sumpah pemuda adalah tekad bulat para pemuda lndonesia untuk bersatu atas nama bangsa lndonesia. Salah satu dari kalangan perwakilan organisasi kedaerahan bernama Rohyani  dari Pemuda Kaum Betawi menjadi salah satu panitia Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 itu.

 Adapun dari kalangan umat beragama diwakili oleh Johan Mohammad Cai yang berasal dari Jong lslamieten Bond, semua ini bersatu atas nama lndonesia yang dilambangkan dengan organisasi  keindonesiaan, bernama Pemuda lndonesia oleh Kocosungkono. Mereka semua mengerjakan itu tidak lain hanya bertekad demi lndonesia bersatu.

Salah satu syair dalam kitab lmrithi (العمريطي), kitab nahwu yang jadi salah satu rujukan di kalangan pesantren NU yang berhubungan dengan timbulnya tekad Sumpah Pemuda dua tahun setelah berdirinya NU ini adalah sebagai berikut.

اذالفتى حسب اعتقاده رفع # وكل من لم يعتقد لم ينتفع
Mafhumnya:
Jika pemuda (1928 yang di zaman Belanda ini disebut-sebut sebagai inlander oleh Belanda), yakni: jika punya tekad kuat (untuk membangun sebuah negara), maka akan naik derajatnya # sebaliknya jika pemuda tekadnya tidak ada, maka (bangsa dan negara pun laksana sampah berserakan)  tanpa ada manfaat.

Ill. lsi Sumpah Pemuda dan Aplikasinya dalam Berbangsa dan Bernegara.

Isi sumpah pemuda menurut Sagimun MD dalam bukunya: Jakarta dari Tepian Air ke  Kota Proklamasi  (1988:342) sbb: Kerapatan lalu mengambil keputusan:

Pertama : Kami putra dan putri lndonesia  mengaku bertumpah darah yang satu, tanah lndonesia.

Kedua : Kami putra dan putri lndonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa lndonesia

Ketiga : Kami putra dan putri lndonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa lndonesia.

Berikut aplikasi sumpah pemuda dalam berbangsa dan bernegara yang wajib berlaku sepanjang zaman.

1) Bertumpah Darah yang Satu, Tanah  lndonesia

Dengan kata lain bahwa bertumpah darah yang satu, tanah lndonesia adalah bertanah air yang satu atau satu nusa.

Jika kita sudah bertekad itu, maka aplikasinya dalam berbangsa dan bernegara di antaranya adalah sebagai berikut.

Indonesia adalah harta kita yang amat besar dan harus dijaga. Barang siapa berjuang atau bertumpah darah, yakni mati mempertahankan harta tersebut (lndonesia). Jika mati, maka matinya mati syahid.

NKRI harga mati. Kita selaku WNI  yang sudah bersumpah seperti no.1 ini, jangan sampai ada dalam lubuk hati berusaha untuk menjadikan NKRI agar di bawah kekuasaan asing. Bukankah Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan.

Tanah dan air di lndonesia tidak bolah ada sejengkal pun yang dijual  kepada Asing apa lagi pulau reklamasi. Inilah konskuensi ideal dari sumpah pemuda itu.

Tanah maupun airnya tidak boleh dikuasai asing.
Harta kekayaan lndonesia harus kita yang mengelola untuk kemakmuran bangsa.

Tanah kita tidak boleh dikeruk untuk membuat atau memperbesar pulau negara asing, baik tanah berasal dari dalam lautan maupun tanah daratan.

Ikan di lautan lndonesia tidak boleh dikelola atau dikuasai atau dipenen oleh asing.

Air di tanah lndonesia tidak boleh dikelola menjadi air kemasan oleh orang asing

Emas dan barang tambang lainnya tidak boleh dikelola atau dikuasai oleh orang asing.

Pokoknya seluruh SDA dan SDM yang ada di tanah air  lndonesia harus dicurahkan untuk kemakmuran bangsa dan negara.

Adanya jalan tol baik tol laut maupun tol daratan, jalan raya maupun jalan layang,  sebaiknya harus jadi milik bangsa dan negara kita.

 Itulah aplikasi satu nusa yang harus diaplikasikan untuk sepanjang masa.

2) Berbangsa yang
Satu Bangsa lndonesia

Kebinekaan warga negara lndonesia  itu suatu keharusan namun harus tunggal ika dengan idiologi Pancasila dan UUD 45, serta menolak atheisme. Bukankah لااله الاالله
Itu yang ada pada Pancasila no. 1 adalah sebuah penolakan terhadap eksisnya atheisme.

Berkewarganegaraan  tidak boleh ganda. Itu bertentangan dengan berbangsa yang satu, bangsa lndonesia dalam sumpah pemuda.

 Jadi, berdasarkan itu, jika ada yang hidup di lndonesia menjadi warga negara lndonesia, namun sekaligus jadi warga negara Asing, maka tidak sah kependudukannya sebagai warga negara lndonesia.

Saat adanya keharusan pengibaran bendera PHBN 17-08-1945 di kampung-kampung, maka pejabat tidak boleh memerintah rakyatnya, yakni rakyat tidak layak menerima, jika pengibaran warna benderanya, seperti bendera Belanda, walaupun pada umbul-umbul, kecuali khusus benderanya berwarna hanya dwi warna: merah putih. Jangan sampai ditemukan pada umbul-umbul ada seperti bendera Belanda warna: merah putih biru dibiarkan.

Pramuka harus berorientasi kepada KH. Agus Salim yang dulu telah menamakan pramuka dengan sebutan Pandu sebelum adanya istilah pramuka.

Atau berorientasi kepada Sultan Hamengkubuwono IX sebagai bapak pramuka lndonesia, bukan kepada Mayor Jenderal Robert Baden Powell dari lnggris. Bukankah peraturan tentang nama lain, selain nama pramuka itu sudah dihapuskan, termasuk nama lain adalah nama bahasa asing untuk pramuka?

Tradisi pramuka lndonesia sudah banyak  berbeda dengan tradisi Baden Powell di lnggris, seperti masalah berpakaian sesuaikanlah dengan tradisi lndonesia, masalah hormat dengan 5 jari, Baden Powell dengan 3 jari, masalah berkemah tradisi Rasulullah SAW saat wuquf. Itu terjadi sejak sebelum dilahirkannya Baden Powell, dan mari kita pelihara tradisi-tradisi ketimuran lainnya.

3) Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa lndonesia.

Berbahasa yang Satu Bahasa lndonesia bisa disingkat istilahnya dengan sebutan satu bahasa, baik dalam ciri uang, maupun dalam per kurikuluman kita.

Bicara masalah bahasa lndonesia itu di antaranya, dicirikan dalam mata uang lndonesia yang dikenal dengan sebutan rupiah.

 Rupiah sebagai mata uang bangsa lndonesia dan itu harus digunakan di lndonesia untuk selamanya, serta pejabat manapun tidak boleh ada keinginan sedikit pun terbersit dalam hati untuk menggantikannya dengan mata uang Gulden, Yen, Yuan, ataupun yang lainnya.

Kurikulum pendidikan sekolah di lndonesia yang note bene sebagai satu paparan bahasa, jangan berorientasi hanya kepada teori belaka. Usai lulus nganggur, repot cari kerja. Akan tetapi kurikulum kita harus berorientasi kepada aplikasi kemakmuran bangsa dan negara, seperti: bagaimana dipelajari teori atau ilmu tentang mencari, menemukan, mengelola, dan mendistribusikan  SDA dan SDM yang dimiliki lndonesia.

Orang asing bekerja di lndonesia wajib ada syaratnya, yakni: harus bisa  berbahasa lndonesia. Bukankah kita sudah bersumpah untuk menjunjung bahasa persatuan, bahasa lndonesia?

Adanya investasi Asing, minimal angka 70% untuk keuntungan lndonesia dan sisanya angka yang lebih sedikit adalah untuk investor Asing itu.

IV. PHBN Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Sumpah Pemuda yang peristiwanya terjadi di malam hari, yakni: Ahad malam Senin, 28 Oktober 1928 ini di zaman sekarang, ada yang memperingatinya di malam hari dan paling banyak diperingatinya pagi atau siang hari, walaupun peristiwanya terjadi pada sore s.d. malam hari.

 Biasanya yang memperingati di malam hari adalah kelompok masyarakat keagamaan, seperti peringatan sumpah pemuda yang diadakan oleh Majlis Silaturahim, oleh para pemuda di Kampung Ceger, Kec. Cipayung Jakarta Timur, Sabtu, 28 Oktober 2017 yang acaranya  pk. 19.30 s.d. Selesai, diawali dengan baca maulid,  diiringi oleh rebana hadrah,  dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ziyad Karomahullah, kemudian sambutan-sambutan dan ceramah oleh para alim ulama, yang oleh Rois Syuriyah MWC NU Cipayung ditutup acara itu dengan doa penutup.

PHBN Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di pagi atau siang hari biasanya diadakan oleh instansi-instansi negara. Instansi MAN 15 Jakarta yang ada di bawah naungan Kementerian Agama ini pun mengadakan peringatan PHBN Sumpah Pemuda, dua hari kemudian, Senin, 30 Oktober 2017. Rois Syuriyah MWC NU Cipayung Jakarta Timur sebagai wartawan atau dokumentatornya.

Upacara sumpah pemuda ini kegiatannya diaplikasikan seperti upacara-upacara kenagaraan  PHBN lainnya, yakni sbb:
Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Penaikan Bendera oleh Pasukan Khusus & lndonesia Raya Mengheningkan Cipta, UUD 45, Pembacaan Teks Sumpah Pemuda & Pancasila, Amanat Pembina Upacara, Lagu-Lagu: 1) Bangun Pemuda Pemudi, 2) Mars MAN 15 Jakarta Jaya dan ditutup dengan doa.

--------------------------------
Penulis:
Rois Syuriyah MWC NU Cipayung Jakarta Timur


Nama

AGAMA,56,AKIDAH,4,FIQH & USHUL FIQH,13,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,6,Hikmah,40,HUMOR,7,ISLAM,10,KHUTBAH,8,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,4,OPINI,35,Pendidikan,51,PSIKOLOGI AGAMA,18,RENUNGAN,27,SEJARAH,46,TASAWUF,18,TEKNOLOGI,1,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,6,USHUL FIQH,4,WARTA,7,WARTA FOTO,12,WARTA JAKARTA,26,WARTA NASIONAL,165,Warta NU,30,WARTA POLITIK,8,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Sumpah Pemuda Berlaku Sepanjang Zaman, Wajib Diaplikasikan dalam Berbangsa dan Bernegara
Sumpah Pemuda Berlaku Sepanjang Zaman, Wajib Diaplikasikan dalam Berbangsa dan Bernegara
https://2.bp.blogspot.com/-ZvHLnVRq0Yc/WfaEKYAm7bI/AAAAAAAAFw0/zOuIDAR1IdkWOLU8ohH8OiVaUso1gVgUwCLcBGAs/s320/IMG-20171030-WA0004.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZvHLnVRq0Yc/WfaEKYAm7bI/AAAAAAAAFw0/zOuIDAR1IdkWOLU8ohH8OiVaUso1gVgUwCLcBGAs/s72-c/IMG-20171030-WA0004.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2017/10/sumpah-pemuda-berlaku-sepanjang-zaman.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2017/10/sumpah-pemuda-berlaku-sepanjang-zaman.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----