body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Tajwid 5: Tujuan Belajar Ilmu Tajwid (غايته) Termasuk Mabadi llmi Tajwid

Foto: Ilustrasi (Cover) RamahNUsantara, Jakarta - Tujuan Belajar Ilmu Tajwid (غايته) Termasuk Mabadi llmi Tajwid Oleh: Drs.Nur Al...

Foto: Ilustrasi (Cover)


RamahNUsantara, Jakarta - Tujuan Belajar Ilmu Tajwid (غايته) Termasuk Mabadi llmi Tajwid

Oleh:
Drs.Nur Ali Al-Fatawiy

Tujuan belajar ilmu tajwid atau istilah dalam bahasa Arabnya tertulis (غايته) , artinya: tujuan (belajar ilmu tajwid). Jadi, (الغاية) ini masih termasuk bagian dari (مبادي), yakni: pendahuluan pembelajaran ilmu tajwid.

Setiap ilmu pengetahuan baik ilmu pengetahuan umum maupun ilmu pengetahuan Agama itu ada tujuannya masing-masing. Adapun tujuan mempelajari ilmu tajwid atau al-ghayah lita'liimit-tajwid atau jika ditulis dengan tulisan Arab, maka menjadi (الغاية لتعليم التجويد), yakni; tujuan mempelajari ilmu tajwid ini :

 الغاية او  غايته (هي) بلوغ النهاية في اتقان لفظ القرأن على ما تلقي من الحضرة النبوية الافصحية
Artinya:
Tujuan mempelajari ilmu tajwid adalah untuk mencapai sasaran dalam menekuni lafal Al-Qur'an sesuai dengan yang disampaikan oleh Penghulu kita sang Nabiyullah yang amat fasih.

Berdasarkan definisi tujuan ilmu tajwid tersebut, maka dapat dibahas, menjadi 3 bahasan, yakni:1) Lafal-lafal Al-Qur'an, 2) Kefashehan Nabi, 3) Sampainya kepada sasaran ilmu tajwid.

Berikut pembahasannya satu per satu.

1) Lafal-Lafal Al-Qur'an

Mengenai lafal-lafal Al-Qur'an ini dalam definisi tujuan ilmu tajwid, yakni ada ungkapan: Fii itqaan lafzhil-Qur'an

 في اتقان لفظ القرأن

Artinya: Dalam menekuni lafal-lafal Al-Qur'an.

Maksud dari itu semua, bahwa ilmu tajwid ini bukan digunakan untuk pelafalan-pelafalan Hadits, Qaul-Shahabi & Ulama, dan bukan pula untuk pelafalan Qaul Syu'ara. Akan tetapi ilmu tajwid ini wajib digunakan untuk pelafalan-pelafalan Al-Qur'an.

2) Kefasihan Nabi

Masalah kefasihan, Nabi ini disebutkan pada bagian akhir definisi tujuan tajwid, yakni: 'Alaa maa tuluqqiya min Al-hadhratin-nabawiyyatil-afshahiyyah

 على ما تلقي من الحضرة النبوية الأفصحية

Artinya:
Sesuai dengan yang disampaikan oleh sang Nabiyullah yang amat fasih.

Istilah diatas pelafalan Al-Qur'an ini bersumber dari tulisan-tulisan para ulama yang ingin mendekatkan pelafalan-pelafalan  Nabi SAW yang fasih.

Para ulama yang takut kepada Allah SAW, selalu bertekad untuk melanjutkan pelajaran Tajwid dari Nabi SAW. Sabda  Nabi SAW:

العلماء ورثة الانبياء

Artinya:
Para ulama itu ahli waritsnya para Nabi.

Rasulullah SAW adalah satu-satunya sumber yang bisa dikatakan paling fasih mengucapkan huruf-huruf termasuk huruf dhad (ضاد), sabdanya:

انا أفصح من نطق بالضاد

Artinya:
Aku orang yang paling fasih melafalkan huruf dhad sekalipun.

Pengucapan huruf dhad ini paling susah melafalkannya, sedangkan Huruf-huruf selain dhad itu bisa dikatakan mudah melafalkannya. Oleh karena itu, walaupun dalam hadits itu yang disebutkan hanya huruf dhad, maka sudah mengandung makna bahwa huruf-huruf selain dhad ini adalah mudah bagi Rasul SAW.

Berdasarkan dua hadits itu, maka para ulama selaku ahli waritsnya Nabi Muhammad SAW bahkan ahli waritsnya para Nabi yang lainnya ini merasa bertanggung jawab agar umatnya Nabi Muhammad SAW ini juga fasih pengucapannya.

Jadi, para ulama merasa punya tanggung jawab, mengumpulkan teori-teori ilmu tajwid, agar bisa mendekati pelafalannya sesuai dengan yang disampaikan Rasulullah SAW, melalui ilmu tajwid lisani yang kemudian timbulnya ilmu tajwid kitabiy seperti sekarang.

3) Sampainya Kepada Sasaran llmu Tajwid

Sampainya kepada sasaran ilmu tajwid atau istilahnya, "Buluughun'nihaayah" atau (بلوغ النهاية) yang artinya sampai kepada sasaran.

Sampai kepada sasaran adalah bukan hanya sekedar  sasaran pokok dalam mengucapkan makharijul-huruf (مخارج الحروف) atau shifat-Shifat huruf (صفات الحروف) yang berhubungan dengan hak pokok huruf atau (حقها) itu, seperti bunyi huruf (ل) yang dibaca /L/.

Akan tetapi juga yang berhubungan dengan hak cabang huruf itu sendiri atau istilahnya (مستحقها) seperti shifat-shifat huruf yang cabang, yakni huruf (ل) yang berubah menjadi bunyi /sy/, umpamanya.

Buluughun-nihaayah atau (بلوغ النهاية) ini juga bukan hanya sekedar pengucapan hak pokok huruf atau hak cabang huruf tapi juga yang berhubungan dengan cara baca Al-Qur'an, seperti: ibtida'i (ابتداء), washal (وصل) dan atau waqaf (وقف).

Bahkan bukan hanya sekedar  mengerti dan bisa membaca huruf yang tertulis atau tidak bisa membaca huruf yang memang tidak tertulis dalam Al-Qur'an atau kata lainnya:

 مايكتب ويقراء

Artinya:
Huruf tertulis dibaca sesuai tulisan yang ada.

dan atau

 لايكتب ولا يقراء

Artinya:
Huruf tak tertulis yang tidak mungkin bisa dibaca.

Akan tetapi buluughun-nihaayah atau (بلوغ النهاية) juga mengandung dan mengerti hal-hal sebagai berikut.

  مايكتب ولايقراء ، وقيل: مايكتب ولا يلفظ

Artinya:
Huruf tertulis tapi tidak boleh dibaca

dan atau

مالايكتب ويقراء وقيل : ما يلفظ ولا يكتب

Artinya:
Huruf tak tertulis tapi harus dibaca.

Bahkan ada yang lain dari yang di atas itu, yakni:

ما يقراء على خلاف مايكتب ، وقيل :مايلفظ على خلاف رسمه

Artinya:
Huruf dibaca tapi tidak sama lafalnya dengan apa yang tertulis.

Demikianlah pembahasan ilmu tajwid dari segi (غاية علم التجويد), yakni: tujuan mempelajari ilmu tajwid.

*Penulis Rois Syuriyah MWC NU Cipayung Jakarta Timur



Nama

#LTN NUJaktim,1,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,60,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,13,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,6,Hikmah,46,HUMOR,7,ISLAM,10,KHUTBAH,10,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,41,Pendidikan,56,PSIKOLOGI AGAMA,20,RENUNGAN,28,SEJARAH,48,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,2,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,7,USHUL FIQH,4,WARTA,7,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,27,WARTA NASIONAL,198,Warta NU,51,WARTA POLITIK,21,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Tajwid 5: Tujuan Belajar Ilmu Tajwid (غايته) Termasuk Mabadi llmi Tajwid
Tajwid 5: Tujuan Belajar Ilmu Tajwid (غايته) Termasuk Mabadi llmi Tajwid
https://3.bp.blogspot.com/-jFBzsdoGa0o/Wf4t7qXoTZI/AAAAAAAAF0Y/X2oUkyyHnsQYMy_qgw1p7lI4FMQF9SGugCLcBGAs/s320/IMG-20171105-WA0000.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jFBzsdoGa0o/Wf4t7qXoTZI/AAAAAAAAF0Y/X2oUkyyHnsQYMy_qgw1p7lI4FMQF9SGugCLcBGAs/s72-c/IMG-20171105-WA0000.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2017/11/tajwid-5-tujuan-belajar-ilmu-tajwid.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2017/11/tajwid-5-tujuan-belajar-ilmu-tajwid.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----