body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

KISI Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax Pengguna Medsos

RamahNUsantara, Jakarta - Sosialisasi dan Pelatihan Generasi Milenial dalam menanggulangi Hoax bertajuk "Generasi Minenial Tanpa...


RamahNUsantara, Jakarta - Sosialisasi dan Pelatihan Generasi Milenial dalam menanggulangi Hoax bertajuk "Generasi Minenial Tanpa Hoax". Forum diskusi yang digagas oleh KISI (Komunitas Internet Seluler Indonesia) dihadiri langsung oleh Pembina KISI H.Edy Haryanto, Rektor UIC Prof. Dr. Musni Umar, Perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Lembaga Infokom dan Publikasi (LTN) PBNU dan organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila  yang di selenggarakan di Aula Prof. Dr. Bahder Djohan Kampus Unibersitas Ibnu Chaldun (UIC) Rawamangun Jakarta Timur, Jumat siang (22/12/17).

H. Muhammad Iqbal, ketua penyelenggara, mengatakan, "Penyebaran hoax menjadi trending dalam lima tahun belakangan ini di media sosial Indonesia", mengawali diskusi.

Menurutnya, cara ini tidak terlepas dari situasi memanasnya eskalasi politik di tanah air. "Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis)," ujarnya.

Selain itu, penasihat KISI Edy Haryanto, menyampaikan dalam sambutannya, berdirin KISI sejak 2009 tujuan utamanya adalah mencegah penyebaran hoax.

"Fenomena penyebaran informasi melalui HP yang tidak seimbang akan menyebabkan gejolak dimasyarakat, untuk itu selama 9 tahun KISI aktif mengadakan acara gathering komunitas penggiat medsos dan forum diskusi untuk sosialisasi menangkal hoax," katanya. 

Ia berharap kedepannya kegiatan KISI dapat didukung penuh oleh pemerintah.

Rektor UIC, Musni Umar mengingatkan, pentingnya menangkal bahaya hoax. Ia mengatakan, "Ketika dapat informasi sebaiknya tidak langsung disebar luaskan dan ketika dapat informasi tidak jelas harus dicari kebenarannya dan kalau bisa langsung dikonfirmasi dari sumbernya, dan jika itu benar silakan disebar luaskan", jelasnya.

Kasdep Sumber Daya Kementerian Pemuda Kemenpora, M Bagus, mengemukakan, media sosial seperti Whatsapp atau Instagram yang sering menerima video dan gambar hoax. 

"Kita sepakati untuk menghindari, agar tidak menimbulkan pertikaian, sebagai mahasiswa tentunya dapat mencegah hal tersebut dengan cara mengkonfirmasi langsung ke sumbernya", tuturnya.

Ia mengungkapkan, "51 % kasus penyebaran isu hoax sudah sampai ke jalur hukum, Jangan sampai dengan hoax ini kita (mahasiswa) bersinggungan dengan hukum, karena menyebarkan isu yang tidak jelas", katanya. 

Lanjutnya, dalam Islam sendiri seperti yang di lansir oleh Ahmad Darojul berita bohong (hoax)  dalam dunia Islam disebut haditsul ifqi datang dari masa ke masa dengan gaya dan cara sendiri. 

"Hoax akan datang menyasar pada siapa pun  dan sengaja dibuat untuk menjatuhkan seseorang, lembaga, masyarakat luas bahkan kewibawaan bangsa dan negara", ungkapnya. 

Sementara itu, Mukhlisin mewakili ketua LTN PBNU menyampaikan, pentingnya aspek pertanggung jawaban atas segala apa yang lakukan baik di media online maupun dunia nyata. 

"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggunjawabannya",  katanya.

Ia juga berharap,  "sebagai pemuda, mari kita bersama-sama seluruh komponen bangsa mewujudkan generasi muda yang kritis dan cerdas dalam membaca, mensikapi dan menyebarkan informasi", tambahnya. (MMN/RN) 



Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,48,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,30,WARTA NASIONAL,223,Warta NU,61,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: KISI Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax Pengguna Medsos
KISI Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax Pengguna Medsos
https://2.bp.blogspot.com/-oirUBRjBS4k/Wj3ek-fcoiI/AAAAAAAABtA/D_X2bZFX_SwScaIET1NpKdrUP_Wc6A1rgCLcBGAs/s320/FB_IMG_1514001607302.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-oirUBRjBS4k/Wj3ek-fcoiI/AAAAAAAABtA/D_X2bZFX_SwScaIET1NpKdrUP_Wc6A1rgCLcBGAs/s72-c/FB_IMG_1514001607302.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2017/12/kisi-gelar-sosialisasi-tangkal-hoax.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2017/12/kisi-gelar-sosialisasi-tangkal-hoax.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----