body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

PROBLEM SOLVING

Foto : LTN NU Jak-Tim RamahNUsantara, Jakarta, - Problem solving dapat diartikan sebagai "pemecahan masalah." Problem solv...

Foto : LTN NU Jak-Tim

RamahNUsantara, Jakarta, - Problem solving dapat diartikan sebagai "pemecahan masalah." Problem solving merupakan suatu cara untuk menemukan jalan keluar dalam permasalahan hidup. Permasalah hidup itu sendiri tidak bisa dihindari oleh manusia, dan akan senantiasa mengiringi perjalanan hidup seseorang.
Manusia diciptakan untuk melengkapi kehidupan di dunia, dan di dalam dunia tempat kehidupan manusia itu sendiripun dilengkapi dengan yang namanya MASALAH.
Tidak ada satu orangpun yang lahir kedunia ini tanpa mengalami yang namanya MASALAH dan memang pada kodratnya MASALAH juga dilahirkan dengan adanya kelahiran manusia itu sendiri.
Kami ingin sedikit berbagi tentang bagaimana menyelesaikan MASALAH saat seseorang mendapatinya karena setiap MASALAH memang ada solusinya hanya kita yang tidak dapat mencari jalan untuk mendapatkan solusi tersebut.
Ya, memang setiap masalah itu ada solusinya, tetapi karena setiap saat kita menghadapi masalah atau mendengar kalau kita sedang dalam masalah maka tanpa sadar kita selalu merasa panik dan rasa panik itu juga dengan sendirinya langsung merasuki alam bawah sadar kita sehingga pikiran kitapun ikut-ikutan terpengaruh oleh rasa panik itu dan akirnya masalah yang sebenarnya bisa kita selesaikan dengan waktu yang singkat akhirnya harus memakan waktu yang lama dan lebih parahnya lagi dapat membawa masalah yang baru lagi.
Coba kita pikirkan, bagaimana kalau sampai kita mendapat masalah di atas masalah? Maka dari sinilah kami ingin berbagi cara ampuh seorang manusia dalam menyelesaikan masalah.
1. Berusaha tenangkan hati dan pikiran saat mendapat masalah:
Hati dan pikiran adalah suatu kunci utama dalam menyelesaikan masalah. Mengapa hati dan pikiran menjadi hal yang utama dalam konsep penyelesaian masalah?
Hati merupakan sumber kemanusian bagi seseorang dan dengan hati manusia dapat merasakan pilihan mana yang harus dijalani dan mana yang harus ditinggalkan sedangkan pikiran adalah pusat dari pengambilan keputusan setelah hati kita sudah bisa merasakan jalan yang harus kita ambil.

2. Penguasaan diri
Penguasaan diri sangalah diperlukan dalam menyelesaikan sebuah masalah hidup. Penguasaan diri yang dimaksud disini adalah anda sendiri yang lebih paham dengan diri anda. Artinya, anda sudah tau betul karakteristik kepribadian anda karena memang hanya andalah yang hidup dengan kepribadian anda sendiri. Dengan adanya kita dapat menguasai diri kita sendiri maka kita dapat dengan mudah menentukan jalan pikiran dan hati kita untuk menyelesaikan suatu masalah.

3. Jangan gegabah dalam membuat suatu keputusan
Dengan adanya kekompakan atau kerja sama yang efektif antara hati dan pikiran maka dalam menentukan sebuah keputusan akanlah sangat mudah.
Secara otomatis, anda sudah bisa merasa adanya ketenangan dalam dalam diri meski dalam keadaan yang sulit sekalipun.
Nah, dengan adanya ketenangan itu maka pikiran anda tidak disibukan dengan perasaan-perasaan yang dapat mengganggu pikiran sehingga pikiran kita dapat terfokus dalam menentukan sebuah keputusan yang dirasa baik untuk kita jalani.

4. Percaya kalau anda dapat menyelesaikan masalah itu
Seperti saat anda mendapat MASALAH dan langsung merasa panik, takut dsb. Cara kerja hal ini juga sama dengan yang namanya percaya. Anda harus bisa dan biasakan merasa percaya karena dengan begitu anda telah merasuki ruang bawah sadar kita sehingga apa yang kita pikirkan dan akan kita lakukan telah memiliki landasan yang kokoh dalam diri kita dan kitapun akan melakukan sesuai dengan yang dipikirkan.

5. Pengendalian diri dari semua rasa emosional,panik dan takut
Pengendalian diri inilah sebagai kunci pintu terakhir dalam menyelesaikan sebuah masalah. Dengan adanya keempat cara diatas namun tanpa dilengkapi dengan cara kelima ini maka anda hanya melakukan hal yang percuma.
Anda memang harus mengendalikan semua rasa yang hanya akan mendatangkan pikiran-pikiran yang mengganggu.

PUASA SOLUSI UNTUK MENGATASI MASALAH HIDUP:

Puasa adalah salah satu ibadah kepada Allah SWT dengan segudang manfaat. Seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad dan nabi-nabi sebelumnya. Puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum. Puasa melatih banyak hal, mulai dari yang sifatnya rohani maupun jasmani.
Ada banyak jenis puasa dalam islam, ada yang wajib juga sunnah. Puasa wajib biasa kita lakukan setiap satu bulan penuh dalam satu tahun, yakni bulan ramadhan.
Kali ini kita akan membahas mengenai puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang memiliki manfaat besar adalah puasa senin kamis. Puasa sunah senin dan kamis adalah puasa yang dilakukan setiap hari senin dan kamis.
Ada beberapa hadits mengenai puasa senin kamis, salah satunya:
“Segala amal perbuatan manusia hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa dalam kondisi berpuasa” (HR. Tirmidzi)
Selain kita akan mendapat pahala, puasa sunnah juga memiliki pengaruh dalam ketenangan jiwa. Mereka yang dengan konsisten mengerjakan puasa senin kamis dengan ikhlas, berhasil menguasai diri dan jiwanya.
Seperti kita tahu, ketenangan jiwa adalah segalanya dalam hidup. Pertarungan hebat itu bukan tentang mengalahkan orang lain, namun ketika seseorang mampu berdamai dengan jiwanya, itulah sejatinya kemenangan.

1. Berpuasa Sunah Melatih Disiplin
Jelas dengan rutin melakukan puasa, seseorang akan terlatih disiplin. Disiplin sangat menentukan seseorang akan sukses atau tidak. Disiplin adalah karakter, sementara karakter adalah penentu nasib seseorang.

2. Puasa Sunah Memancarkan Inner Beauty
Dengan puasa, kita akan mampu menjaga sikap dan tindakan. Kecenderungan manusia untuk berbuat jahat, mampu di redam dengan puasa. Sehingga yang nampak adalah kecantikan jiwa yang terpancar natural.

3. Berpuasa Sunah Dapat Menahan Dorongan Maksiat
Seseorang yang melakukan puasa juga akan terhindar dari perbuatan maksiat. Allah menjaga mereka untuk tidak terjerumus kedalam kemaksiatan yang akan membawanya kepada kesengsaraan.

4. Puasa Sunah Melatih Intuisi
Pikiran dan persaan membutuhkan waktu untuk tenang. Dan yang waktu yang tepat adalah ketika berpuasa. Ketenangan itu akan melahirkan intuisi yang amat tajam. Sehingga mampu memilih dan memutuskan sesuatu dengan tepat.

5. Puasa Senin Kamis Menjaga Tubuh Tetap Bugar
Banyak hadits yang menerangkan bahwa “berpuasalah maka kamu akan sehat”. Dan itu telah terbukti. Ketika seseorang berpuasa, ketika itulah waktu yang tepat tubuh kita mengeluarkan racun.

6. Puasa Sunah Mampu Meningkatkan Kecerdasan Emosional
Yang lebih dahsyat lagi, puasa senin kamis dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional. Emosi yang setabil dibutuhkan dalam meraih sukses.
Seseorang dengan kemampuan mengkontrol emosi, dapat menyelesaikan masalah dengan tepat.

7. Puasa Sunah Melahirkan Pribadi Peka Sosial
Orang yang puasa, dia berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga efek yang muncul adalah keinginan untuk selalu berbiat baik. Kepada diri sendiri ataupun orang lain. Maka jangan heran ketika bulan puasa orang berlomba bersedekah.

Yang membuat seseorang susah menyelesaikan masalah, susah meraih sukses, susah mendapatkan yang mereka inginkan. Adalah kepanikan. Butuh ketenangan jiwa agar kita mampu menyelesaikan satu demi satu permasalahan hidup.
Puasa sunah salah satunya senin kamis tebukti banyak manfaatnya. Mari mulai menata diri dengan merutinkan puasa sunah seperti senin kamis. Agar hidup lebih tenang dan damai.

Suyud Lukman H (Bobotoh FSSN)
(Baktos : KAP founder FSSN)


Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,61,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,13,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,6,Hikmah,46,HUMOR,7,ISLAM,10,KHUTBAH,10,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,41,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,20,RENUNGAN,28,SEJARAH,48,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,2,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,7,USHUL FIQH,4,WARTA,7,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,27,WARTA NASIONAL,202,Warta NU,54,WARTA POLITIK,21,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: PROBLEM SOLVING
PROBLEM SOLVING
https://4.bp.blogspot.com/-yuGctGw_LeU/Wk9hXkygURI/AAAAAAAAASo/L48bQMyxtTE_cX9GOIs6nJnwxgxFHHP6gCLcBGAs/s320/acara%2BNU.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-yuGctGw_LeU/Wk9hXkygURI/AAAAAAAAASo/L48bQMyxtTE_cX9GOIs6nJnwxgxFHHP6gCLcBGAs/s72-c/acara%2BNU.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2018/01/problem-solving.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2018/01/problem-solving.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----