body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Sekjend PBNU Meminta Pimpinan Ponpes Lebih Kreatif

Sekjend PBNU Meminta Pimpinan Ponpes Lebih Kreatif  RamahNUsantara, Praya  - Pengelola lembaga pendidikan Pondok Pesantren tak...

Sekjend PBNU Meminta Pimpinan Ponpes Lebih Kreatif 




RamahNUsantara, Praya - Pengelola lembaga pendidikan Pondok Pesantren tak cukup hanya cerdas, tetapi juga harus kreatif. Kreatifitas dalam mengelola pesantren diperlukan supaya pesantren-pesantren bisa terus berinovasi menyesuaikan diri di Zaman Milenial.

Hal ini dikatakan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Dr. H. A. Helmy Faishal Zaini (HFZ) pada saat meresmikan Rumah Aspirasi dan Berugak Baca Helmy Faishal Zaini Di Pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak, Desa Durian, Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah, Rabu, (21/2) Kemarin.

HFZ mengungkapkan, ada banyak pesantren kreatif di Indonesia yang bisa ditiru. Ada yang kreatif dibidang ekonomi, sosial kemasyarakatan, kesehatan dan juga kreatif di bidang dakwah.

Helmy menyebut salah satu contoh pesantren yang patut ditiru adalah Pondok Pesantren Sidogiri di Pasuruan Jawa Timur. Pesantren ini menurutnya, berhasil mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah melalui pendirian Baitul Maal Wat Tamwil (BMT).

Melalui BMT, Sidogiri berhasil memerankan diri tidak hanya sebagai pesantren tempat belajar agama ribuan santri, tapi juga sukses memberdayakan dan mendorong kemandirian pesantrennya, kemandirian santri, alumni dan masyarakat luas di Jawa Timur.

"Sidogiri ini luar biasa, mengawali BMT dengan modal hanya 50 juta, sekarang memiliki ratusan cabang dan omsetnya mencapai 3.5 Triliun" Tuturnya.

Menurutnya, hal ini bisa dilakukan Sidogiri karena pesantren ini menggunakan daya kreatifnya sehingga inovasi-inovasi bisa terus dilakukan.

Selain Sidogir, HFZ juga mencontohkan pesantren di Cicalengka Jawa Barat yang melakukan pemberdayaan dengan cara mengajak masyakat menanam satu jenis tanaman khusus di halaman rumahnya.

"Kalo disini, pesantren mengambil peran pemodal sekaligus pengepul, masyarakat diajak bertanam, lalu hasilnya dijual ke pesantren" Tuturnya

HFZ bersyukur, di Lombok Nusa Tenggara Barat ini, ada pesantren seperti Sirajul Huda yang memulai hal hal kreatif seperti itu. Dipesantren ini ia juga menyaksikan kreatifitas-kreatifitas yang serupa. Mengembangkan Agribisnis dan Multimedia, kemudian diajarkan pada santri-santrinya.



"Kita bersyukur, Sirajul Huda menambah daftar pesantren-pesantren kreatif di Indonesia, maka saya berharap, pesantren ini bisa lebih banyak lagi memberdayakan masyarakat terutama di sektor ekonomi dimasa-masa mendatang" Tandas Helmy.

"Berugak Baca" Helmy Faesal Zaini

Dalam kesempatan itu juga Berugak Baca HFZ. Seperti halnya Rumah Inspirasi, Berugak Baca ini akan menjadi tempat bersmainya ide-ide kreatif para santri dan masyarakat sekitar pesantren khususnya dalam mengembangkan literasi dan sumber ilmu pengetahuan.

Ketua Yayasan Ponpes Sirajul Huda Paok Dandak Ahmad Jumaili, S. Pd.I mengatakan, Berugak Baca Helmy Faishal ini adalah satu diantara 15 berugak yang direncanakan dibangun di kawasan ini.

"Dari 15 Berugak, baru dua bangunan berugak yang jadi, satu bernama Berugak Baca Helmy Faishal dan Satu Lagi Pojok Baca Manna Wassalwa"

Dikatakan Jumaili, Berugak Baca HFZ sudah selesai dibangun sekitar 4 bulan lalu dan sudah mulai diisi buku dan literatur tentang sosial, politik, pendidikan dan keagamaan sesuai dengan konsens Helmy Faishal Zaini.

"Khusus di area Berugak Baca Helmy Faishal ini juga, kita rencananya akan dibangun 5 berugak lengkap dengan taman dan kolam ikan, kami mengundang juga pihak lain jika ingin membangun berugak baca, kami sudah siapkan lahannya" Pungkasnya. []



Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,62,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,15,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,6,Hikmah,47,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,10,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,41,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,25,RENUNGAN,28,SEJARAH,49,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,7,USHUL FIQH,4,WARTA,8,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,28,WARTA NASIONAL,212,Warta NU,58,WARTA POLITIK,27,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Sekjend PBNU Meminta Pimpinan Ponpes Lebih Kreatif
Sekjend PBNU Meminta Pimpinan Ponpes Lebih Kreatif
https://1.bp.blogspot.com/-wvDPBSJDYhw/Wo2tp4-YmXI/AAAAAAAACl8/daMVTamDA58lr_bioIMRx9PVVnnc4O9BwCLcBGAs/s320/IMG-20180222-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wvDPBSJDYhw/Wo2tp4-YmXI/AAAAAAAACl8/daMVTamDA58lr_bioIMRx9PVVnnc4O9BwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180222-WA0002.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2018/02/sekjend-pbnu-meminta-pimpinan-ponpes.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2018/02/sekjend-pbnu-meminta-pimpinan-ponpes.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----