body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Kiai Subhan Makmun: Jadilah Singa Liar

RamahNUsantara, Brebes --  “Saya tanya kepada Anda semua, singa liar sama singa sirkus mana yang lebih berwibawa?” tanya Kiai Subhan Mak...


RamahNUsantara, Brebes -- “Saya tanya kepada Anda semua, singa liar sama singa sirkus mana yang lebih berwibawa?” tanya Kiai Subhan Makmun kepada jamaah kajian Tafsir Munir, Ahad lalu 11 Februari 2018.

Para jamaah kompak menjawab, “Singa liar!”

“Nah,” timpal Kiai Subhan, “Panjenengan semua yang menjadi ustadz, kiai, tokoh agama di masyarakat jadilah seperti singa liar.”

Menurut Rais Syuriyah PBNU ini singa liar lebih berwibawa karena ia mencari makan sendiri tanpa mengharap pemberian orang lain. Sementara singa sirkus itu makan dari pemberian sang pawang, tidak mencari sendiri. Maka ia menurut dengan apa yang diperintahkan sang pawang.

Sebagai seorang ustadz, kiai, tokoh agama di masyarakat semestinya jangan suka mengharap pemberian dari jamaahnya atas apa yang ia lakukan bagi mereka. Dengan demikian ia bebas berdakwah menyampaikan kebenaran, tidak terpengaruh oleh siapa pun dan apa pun.

Namun sebaliknya, bila ia mengharap pemberian dari jamaah atau orang yang dibimbingnya maka ia akan menjadi singa sirkus. Ia hanya akan mengikuti apa yang dimaui oleh orang yang membayar dan mencukupi kebutuhannya.

Lalu bagaimana untuk bisa seperti itu?

Kiai Subhan yang juga pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi Brebes ini menyatakan, “Milikilah pekerjaan sendiri untuk mencukupi kebutuhan hidup, dengan demikian maka tak mengharap bayaran atas dakwah yang dilakukan.”

Nasihat ini disampaikan dalam kajian kitab Tafsr Al-Munr karangan Syekh Nawawi Banten yang rutin digelar setiap hari Ahad pagi di Masjid Ismlamic Center Brebes.

Dalam kesempatan kala itu ia menjelaskan akhir ayat ke-45 dari Surat An-Nisa yang menyatakan wa kaf billhi waliyy, wa kaf billhi nashr (cukuplah Allah sebagai wali, dan cukuplah Allah sebagai penolong). Dalam tafsir Al-Munr akhir ayat tersebut dijelaskan bahwa cukuplah Allah sebagai Dzat yang mengurusi semua urusan kalian dan cukuplah Allah yang menjadi penolong kalian di tempat manapun kalian berada.

Menurut Kiai Subhan dalam berdakwah seorang ustadz harus betul-betul yakin bahwa Allah pasti akan mengurusi segala permasalahan hidupnya. Ia mesti yakin bahwa di mana pun ia berada Allah pasti akan menolongnya. Dengan keyakinan seperti itu ia tak perlu berharap mendapat imbalan atas apa yang ia lakukan.

(Qomar Ruddin)


Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,48,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,31,WARTA NASIONAL,228,Warta NU,65,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Kiai Subhan Makmun: Jadilah Singa Liar
Kiai Subhan Makmun: Jadilah Singa Liar
https://1.bp.blogspot.com/-immqK7W953A/WppipvVycRI/AAAAAAAADCY/wK9kH-3AYhIuz1sdN16wVkHegrQmHybOgCLcBGAs/s320/FB_IMG_1520066965811.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-immqK7W953A/WppipvVycRI/AAAAAAAADCY/wK9kH-3AYhIuz1sdN16wVkHegrQmHybOgCLcBGAs/s72-c/FB_IMG_1520066965811.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2018/03/kiai-subhan-makmun-jadilah-singa-liar.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2018/03/kiai-subhan-makmun-jadilah-singa-liar.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----