body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Perbedaan Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas dan Q.S. Al-Fatihah Berdasarkan Tulisan dan llmu Tajwid

RamahNUsantara.com Perbedaan Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas : 2 dan Q.S. Al-Fatihah : 3 Berdasarkan Tulisan dan llmu Tajwid Serta Kandung...


RamahNUsantara.com
Perbedaan Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas : 2 dan Q.S. Al-Fatihah : 3 Berdasarkan Tulisan dan llmu Tajwid Serta Kandungan Makna di Dalamnya

Oleh:
Drs.Nur Ali Al-Fatawiy

A. Pendahuluan

Pada Q.S. An-Naas ayat 2 dan Q.S.Al-Fatihah ayat 3 terdapat kata (ملك). Kata tersebut jika tak berharkat, maka tulisannya tidak ada perbedaan sedikit pun,  apa lagi pada dua huruf terakhir (ل) dan (ك) bagi kata (ملك) ini.

Ternyata baik Al-Qur'an Standar lndonesia maupun Al-Qur'an Standar Haramain,  keduanya masing-masing membedakan cara penulisan harkat bagi huruf (م) dari kata (ملك) pada Q.S. An-Naas : 2 dan Q.S. Al-Fatihah ayat 3 ini sesuai tulisan standarnya masing-masing. Apa yang membedakan (م) nya itu? Kesimpulan dari perbedaanya itu adalah terdapat kandungan makna yang berbeda pula di balik perbedaan keduanya. Berikut jawabnya satu per satu.

B. Q.S. An-Naas : 2

Q.S. An-Naas ayat 2 ini ada kata (ملك). Berikut dibahas dari segi tulisan dan cara pengucapannya serta hukum bacaannya menjadi sbb:

1) Kata (ملك) dari segi tulisan

Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas ayat 2 dari segi tulisannya baik tulisan berdasarkan Al-Qur'an Standar lndonesia maupun Al-Qur'an Standar Haramain, keduanya sama, yakni sama tulisan harkat-harkatnya yakni fathah miring yang dalam bahasa lainnya disebut dengan (الفتحة المائلة), apa lagi cara tulisan huruf-hurufnyaِ

2) Kata (ملك) dari segi pengucapannya

Kata (ملك) dari segi pengucapannya, berdasarkan tulisan yang ada, baik tulisan pada Al-Qur'an Standar lndonesia maupun tulisan Al-Qur'an Standar Haramain ini, keduanya jika diteliti lagi memastikan kepada kita bahwa huruf (م) pada kata (ملك) yang ada pada Q.S. An-Naas ayat 2 ini berdasarkan ilmu tajwid adalah (م)-nya bertuliskan fathah miring. Nach ini berarti bahwa (م)-nya tidak boleh  dipanjangkan.

3. Hukum bacaan kata (ملك)

Sebagaimana telah dibahas kata (ملك) yang ada pada Q.S. An-Naas ayat 2 ini dari segi tulisan harkatnya yang fathah miring, maka otomatis  hukum bacaannya pun adalah Qashar (القصر) artinya: pendek, yakni: hanya satu harkat saja.

C. Q.S. Al-Fatihah : 3

Q.S. Al-Fatihah ayat 3 ini ada kata (ملك) juga. Berikut akan dibahas dari segi tulisan dan cara pengucapannya serta hukum bacaannnya menjadi sbb:

1. Kata (ملك) dari segi tulisan

Kata (ملك) pada Q.S. Al-Fatihah ayat 3 dari segi tulisannya baik tulisan Al-Qur'an Standar Indonesia maupun  Al-Qur'an Standar Haramain, keduanya tidak sama, yakni; tidak sama tulisan harkat dari huruf (م)-nya.

Al-Qur'an Standar Haramain harkat dari huruf (م)-nya ini teradapat tulisan: alif kecil di depan fathah miring, sedangkan Al-Qur'an Standar lndonesia harkat dari huruf (م)-nya ini adalah fathah berdiri yang dalam bahasa lainnya disebut ( الفتحة. القائمة).

2. Kata (ملك) dari Segi Pengucapannya

Kata (ملك) pada Q.S.Al-Fatihah ayat 3 ini dari segi pengucapannya, walaupun berdasarkan tulisan Al-Qur'an Standar lndonesia dan Al-Qur'an Standar Haramain ini ada perbedaan cara tulisannya, namun perbedaan itu sama-sama menunjukkan bahwa harkat dari huruf (م) pada kata (ملك) ini tidak boleh dibaca pendek.

3. Hukum Bacaan (ملك)

Al-Qur'an Standar Haramain walaupun beda tulisan harkatnya dengan tulisan  Al-Qur'an Standar lndonesia namun jika ditilik dari segi perbedaan dengan tulisan harkat (م)-nya pada Q.S.An-Naas ayat 2 dan Q.S. Al-Fatihah ayat 3 maka cenderung bahwa harkat fathah (م) pada  Q.S.Al-Fatihah ayat 3 ini adalah hukumnya Mad (المد) artinya panjangِ

4. Mad Apakah Namanya

Huruf (م) dari kata (ملك) yang ada pada Q.S.Al-Fatihah ayat 3 ini? Ada yang mengatakan itu Mad Ashli atau Mad Thabi'i, ada juga yang berbeda menyebutnya bukan mad Ashli atau Mad Thabi'i tapi Mad Badal (مد البدل) karena huruf mad, yakni: huruf alif-nya pada kata (ملك) itu tidak ada gambarnya. M.A. Jaya bersama Majlis Ta'lim Alaydrus pada Buku Pelajaran Tajwid-nya di halaman 41 tentang Mad Badal dikatakan sbb: "Adapun Mad Badal ini yaitu: Mad pengganti huruf...dengan tanda Saksi/ Baris Fathah Tegak".

C. Makna Kata (ملك) di Balik Adanya Perbedaan Segi Tulisan dan Pelafalannya

Apa makna kata (ملك) di balik adanya perbedaan segi tulisan dan pelafalannnya? Kata (ملك) yang huruf (م)-nya berharkat fathah miring (الفتحةالمائلة) dengan pelafalan Qashar (القصر) atau pendek itu maksud makna yang terkandung di baliknya adalah : "Penguasaan yang ada hubungannya dengan alam dunia".

 Adapun kata (ملك) yang harkat fathahnya berdiri (الفتحةالقائمة) dengan hukum pelafalan yang Mad (المد) atau  panjang, kandungan maksud dari pada maknanya adalah: "Penguasaan yang ada hubungannya dengan alam akhirat".

Jika ada ayat Al-Qur'an termasuk seperti kata (ملك) yang seharusnya dibaca pendek kemudian dipanjangkan atau yang seharusnya panjang  kemudian dipendekkan, maka Allah SWT akan marah. Sebagaimna firman-Nya Q.S, Al-Haqah ayat 44 yang berbunyi:

ولو تقول علينا بعض الاقاويل لاخذنا منه باليمين ِ

Mafhumnya:
Barang siapa yang baca Al-Qur'annya asal jadi tanpa ilmu tajwid, maka ketika orang itu mau masuk surga, Kami akan tarik lagi orang itu sekuat-kuatnya dengan tangan Kami.

Wallaahu a'lam bish-shawab.
----------------------------
Penulis:
Rois Syuriyah MWC NU Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur.


Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,48,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,30,WARTA NASIONAL,223,Warta NU,61,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Perbedaan Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas dan Q.S. Al-Fatihah Berdasarkan Tulisan dan llmu Tajwid
Perbedaan Kata (ملك) pada Q.S. An-Naas dan Q.S. Al-Fatihah Berdasarkan Tulisan dan llmu Tajwid
https://2.bp.blogspot.com/-zh11hzk7-7M/W2J-DaX_OnI/AAAAAAAAFtw/teyD81d_qt4pv9zLTBJU8cD2LZp7jSDnQCLcBGAs/s1600/images%2B%25281%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-zh11hzk7-7M/W2J-DaX_OnI/AAAAAAAAFtw/teyD81d_qt4pv9zLTBJU8cD2LZp7jSDnQCLcBGAs/s72-c/images%2B%25281%2529.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2018/08/perbedaan-kata-pada-qs-naas-dan-qs-al.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2018/08/perbedaan-kata-pada-qs-naas-dan-qs-al.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----