body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Pergunu Kota Depok Bekali Pelajar dan Santri Paham Intoleransi

Kegiatan Pergunu Kota Depok bekali pelajar dengan pelatihan tangkal hoax dan paham intoleransi (Foto/hkm: 10/9/18) RamahNUsantara, Dep...

Kegiatan Pergunu Kota Depok bekali pelajar dengan pelatihan tangkal hoax dan paham intoleransi (Foto/hkm: 10/9/18)

RamahNUsantara, Depok - Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Depok menggelar pertemuan guru guru dan pelajar di gedung serbaguna SMP Lazuardi Al Falah Margonda Depok Jawa Barat, Sabtu lalu (8/9/2018). Kegiatan bertema ‘Jurnalistik Pelajar Damai’.

Ketua pelaksana acara, Abdul Hakim, S.Ud, mengatakan, gelaran ini merupakan pemberian bekal kepada para siswa dan seluruh elemen sekolah dalam menghadapi bahaya intoleransi dan radikalisme.

“Kegiatan ini adalah sebagai silaturahmi antar guru dan siswa serta sarana untuk menebarkan Islam yang menjadi berkah untuk semesta,” ujar Abdul Hakim.

Menurut Hakim, meningkatnya sentimen keagamaan yang berkembang belakangan ini perlu segera disikapi secara bijak, tak hanya cepat namun juga harus tepat.

“Salah satu akar dari mencuatnya sentimen tersebut adalah intoleransi yang menjalar hampir ke berabagai lini. Dan untuk urusan ini, sekolah ternyata seringkali tak menjadi tempat yang aman dari ungkapan kebencian,” kata Abdul Hakim.


Diketahui, Survei toleransi pelajar Indonesia yang dilakukan oleh oleh Setara Institute tahun lalu menunjukkan fakta ini. Di mana 35,7 persen siswa diketahui memiliki paham intoleran yang baru dalam tataran pemikiran; 2,4 persen sudah menunjukkan sikap intoleran dalam tindakan dan perkataan, dan 0,3 persen berpotensi menjadi teroris.

“Survei ini dilakukan atas 760 responden yang sedang menempuh pendidikan SMA Negeri di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat. Penelitian serupa yang dilakukan oleh banyak lembaga lain, seperti Wahid Foundation dan PPIM juga menemukan hasil yang tak jauh berbeda,” terang Hakim kepada wartawan, Senin (10/9/2018).

Ancaman intoleransi dan radikalisme, lanjut Hakim, yang terjadi di ruang sekolah rupanya tak hanya menggerogoti siswa, tetapi juga guru. Temuan Maarif Institute di awal tahun ini menyebut ada peran guru dalam penyebaran radikalisme di sekolah.

Hakim menuturkan, dari hasil pertemuan tersebut, lahirlah 5 point Deklarasi kesepakatan,”Yang salah satunya berjanji untuk menjaga etika dalam Jurnalistik dan tidak menyebarkan berita yang Hoax dan selalu mengajak pada persatuan dan menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Hakim.

Acara yang dihadiri oleh ratusan Pelajar Santri dan Guru-guru dari 70 sekolah kota Depok dan sekitarnya, juga hadir sejumlah aktivis Perdamaian diantaranya: Gus Subhi dari Wahid Institut, Gus Khairul Anam, Hanifah dari Asian Muslim Action Network dan KH. Dr. Saiful Falah dari komunitas Santrinulis sekaligus direktur Institut Ummul Quro Al Islami.
(srf)


Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,48,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,57,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,3,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,31,WARTA NASIONAL,228,Warta NU,65,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Pergunu Kota Depok Bekali Pelajar dan Santri Paham Intoleransi
Pergunu Kota Depok Bekali Pelajar dan Santri Paham Intoleransi
https://2.bp.blogspot.com/-jutOUg5VqUs/W5dQW0zZ2vI/AAAAAAAAGfk/MSq1lBBvaesH9neefdOs9Sv3Xv7wQFUqwCLcBGAs/s320/IMG-20180911-WA0007.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-jutOUg5VqUs/W5dQW0zZ2vI/AAAAAAAAGfk/MSq1lBBvaesH9neefdOs9Sv3Xv7wQFUqwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180911-WA0007.jpg
ramahNUsantara
http://www.ramahnusantara.com/2018/09/pergunu-kota-depok-bekali-pelajar-dan.html
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/
http://www.ramahnusantara.com/2018/09/pergunu-kota-depok-bekali-pelajar-dan.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----